Sholat subuh memiliki keistimewaan yang luar biasa

Sholat subuh memiliki keistimewaan yang luar biasa. Berbahagialah seseorang yang melaksanakan shalat subuh apalagi sholatnya dilaksanakan secara berjama’ah. Sebab orang yang melaksanakan shalat subuh tergolong orang-orang yang beruntung. Dan Bagi yang enggan melaksanakan sholat subuh, maka tergolong sederetan orang-orang yang sangat merugi.

Sholat subuh memiliki keistimewaan yang luar biasa


Perlu ketahui bahwa sholat subuh memiliki keistimewaan yang luar biasa. Bukannya sholat lainnya tidak istimewa, hanya saja sholat subuh ini lebih agung. sebab sholat subuh terkesan amat berat.

Berikut ini adalah beberapa keistimewaan sholat subuh.

Allah menjadikan sholat subuh sebagai barometer Iman

Kalau sholat lainnya merupakan tolak ukur menentukan kebaikan amal ibadah seseorang, maka dalam sholat subuh masih terdapat nilai plus-nya lagi, yaitu sholat ini bisa dijadikan sebagai ukuran apakah seseorang memiliki keimanan yang kuat atau lemah.

Rasulullah Saw memberikan gambaran tentang mengukur tingkat keimanan seseorang. "Kalau memang ia benar, pasti mereka akan menghadiri pelaksanaan sholat subuh dan isya".

Dan jika mereka mengaku beriman, akan tetapi tidak melaksanakan sholat subuh dan isya, maka keimanannya harus dipertanyakan.

Allah Memperlakukan Khusus Terhadap Sholat Subuh

  1. Sholat Subuh Merupakan Salah Satu Sholat yang Pertama Kali Diwajibkan atas Kaum Muslimin, disamping Sholat Ashar. Sholat ashar dalam perjalanannya mengalami perubahan, yang semula hanya dua rakaat, tapi setelah peristiwa isra` dan mi`raj berjumlah empat rakaat. Beda halnya dengan sholat subuh dari pertama diperintahkan sampai sekarang masih berjumlah dua rakaat. Artinya perintah sholat subuh  sampai saat ini yang kita jalani sama dengan kaum muslimin pada zaman nabi. Dari kenyataan ini mengisyaratkan bahwa sholat subuh itu penting dan diperlukan oleh setiap umat muslim.
  2. Adzan Yang Terdapat Dalam Sholat Subuh Berbeda dengan Adzan Sholat Lainnya. Empat waktu sholat lainnya memiliki kesamaan lafaz adzan, namun beda dengan sholat subuh, pada lafaz adzannya terdapat dan terdengar lafaz tambahan yaitu "ash sholat khairul minan nauuum"  (sholat itu lebih baik daripada tidur).
  3. Pelaksanaan Sholat Subuh Disaksikan oleh para Malaikat. Betapa mulianya waktu sholat subuh, sehingga para malaikat turun ke bumi untuk menyaksikan manusia yang menunaikan ibadah sholat subuh.

Semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin ya robbal`alamin.

Post a Comment for "Sholat subuh memiliki keistimewaan yang luar biasa"