Inilah Cara Nabi Memperlakukan Istrinya

Inilah Cara Nabi Memperlakukan Istrinya. Sungguh Betapa Luar Biasanya Panutan kita, Nabi Muhammad SAW dalam Memperlakukan Istri dan Anaknya. Nah berikut adalah penjelasan mengenai bagaimana Rasulullah memberikan teladan dalam memperlakukan istri dan anak-anaknya.

Rasulullah SAW suka membantu pekerjaan rumah tangga

Cara inilah yang kerap dilakukan Rasulullah untuk membahagiakan istrinya. Beliau tidak malu jika harus mengerjakan pekerjaan yang biasanya dilakukan wanita, hanya demi membahagiakan istrinya.
“Aisyah binti Abu Bakar Radhiallahu anhumma pernah ditanya oleh salah seorang sahabat. "Apakah yang Nabi lakukan ketika berada di rumah bersama istri-nya?" "Dahulu Nabi biasa membantu pekerjaan rumah keluarganya". tutur Aisyah Radhiallahu anhaa” (HR Bukhari).

Rasulullah menyatakan rasa cinta pada istri secara verbal

Nabi shallallahu alaihi wa sallam pernah bertutur: "Aku diberi rizki berupa rasa cinta kepada istriku" (HR Muslim)

Bayangkan apabila ada suami zaman kini yang berkata demikian. Tentu ini akan sangat membahagiakan istrinya. Istri akan semakin rajin berdoa untuk suaminya, sehingga rezeki suami mengalir terus karena doa istri.

Berbincang dengan istri pada malam hari

Hadist riwayat Bukhari menjelaskan bahwa Rasulullah kerap berbincang-bincang dengan istrinya Aisyah pada malam hari. “Adalah dahulu Nabi shallallahu alaihi wa sallam jika berkumpul bersama Aisyah Radhiallahu anhaa di malam hari maka Rasulullah berbincang-bincang dengan putri Abu Bakar Radhiallahu anhumma” (HR Bukhari)

Rasulullah sama sekali tidak pernah memukul istrinya

Sesungguhnya lelaki sejati tidak akan pernah memukul istri semarah apapun yang bersangkutan kepada pasangannya.
“Aisyah Radhiallahu anhaa pernah bertutur: Suamiku tidak pernah memukul* istrinya meskipun hanya sekali” (HR Nasa'i)

Rasulullah selalu menghibur kesedihan istri

“Suatu saat Shafiyah safar bersama Rasulullah, saat itu adalah hari gilirannya. Dia ketinggalan (rombongan) karena untanya berjalan lambat, lalu menangis. Maka Rasulullah datang mengusapkan air mata dengan kedua tangannya kemudian berusaha membuat Shafiyah berhenti menangis” (HR Nasa'i)

Rasulullah Tidak suka membebani istrinya

‘Aisyah berkata, “Rasulullah mengerjakan apa yang biasa dikerjakan salah seorang kalian di rumahnya. Beliau menambal sandalnya, menambal bajunya dan menjahitnya". (H.R. Bukhari)

Rasulullah tidak pernah membenci istrinya

Nabi Muhammad shallahu alaihi wa sallam bersabda:
“Janganlah seorang mukmin benci kepada seorang wanita mukminah (istrinya), jika ia membenci sebuah sikap (akhlak) istrinya maka ia akan ridho dengan sikapnya (akhlaknya) yang lain” (HR Muslim)

Post a Comment for "Inilah Cara Nabi Memperlakukan Istrinya"