Rumus Dasar Mengenal Tuhan

Rumus Dasar Mengenal Tuhan. Suatu Ketika Rasulullah Saw pernah bertanya kepada 4 sahabat nya tentang melihat Allah SWT;
  1. Wahai sahabatku Abubakar bagaimana pendapatmu melihat Allah, jawaban sayyidina Abubakar "saya tidak melihat sesuatu melainkan Allah saya lihat sebelum sesuatu.
  2. Wahai sahabatku Umar bagaimana pendapatmu, jawab Umar; "saya tidak melihat sesuatu selain Allah sesudah sesuatu.
  3. Wahai sahabatku Usman bagaimana pendapatmu, jawaban Usman; "saya tidak melihat sesuatu selain Allah didalam sesuatu.
  4. Wahai sahabatku Ali bagaimana pendapatmu, jawab sayyidina Ali; "saya melihat sesuatu bersamaan saya Allah pada sesuatu.
Kemudian 4 sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW, kalau pendapat Rasul, Allah bagaimana? Jawab Rasulullah:

"kalau saya melihat Allah saya tidak melihat diriku, begitu pula kalau saya melihat diriku saya tidak melihat Allah SWT.

Rumus dasar mengenal Tuhan (Tahapan langkah awal utk ke Ma'rifatan)

  1. Man Arofa Nafsahu Faqod Arofa Rabbahu. "Barang siapa mengenal nafs (diri) nya, maka dia mengenal Tuhannya".
  2. Wa Man Arofa Rabbahu Faqod Jahilan Nafsahu. "Barang siapa yg sudah mengenal Tuhannya maka dia akan merasa bodoh (NOL) dirinya, karena sudah sadar bahwa hanya Allah yang Maha Segalanya".
  3. Man Tolabal Maolana Bigoeri Nafsi Faqoddola Dolalan Baida. "Barang siapa yang mencari Tuhan keluar dari dirinya sendiri maka dia akan tersesat semakin jauh".
  4. Iqro Kitab Baqo Kafa Binafsika Al Yaoma Alaika Hasbi. "Bacalah Kitab yang kekal yang berada didalam diri kalian sendiri".
  5. Allahu Bathinul Insan, Al Insanu Dhohirullah. "Allah itu bathin nya manusia, manusia adalah dhohirnya (kenyataannya) Allah".
  6. Al insanu siri wa ana siruhu. "Rahasia rasa kalian adalah rahasia rasa-Ku".
  7. Dalam setiap rongga anak cucu adam aku ciptakan suatu mahligai yang disebut dada, didalam dada ada qolbu, didalam qolbu ada fuad, dalam fuad ada syagofa, didalam syagofa ada sir, didalam sir ada aku (tajjalli) tempat aku menyimpan rahasia.
  8. Laa Yarifalaahu Ghoirullah. "Yang mengenal Allah hanyalah Allah".
  9. Aroftu Rabbi Bi Rabbi. "Aku mengenal Tuhan melalui Tuhan".
  10. Man arofnaka haqqo ma'rifataka. "Aku tidak mengenal Engkau, kecuali sampai sebatas pengetahuan yang Engkau perintahkan......"
Tak ada wujud melainkan Allah, karena lenyapnya rahasia kepada yang punya rahasia atau lenyapnya sifat kepada Zat nya.
.

Post a Comment for "Rumus Dasar Mengenal Tuhan"