Perbedaan Haji Ifrad, Qiran Dan Tamattu

Perbedaan Haji Ifrad, Qiran Dan Tamattu. Secara lughawi, haji berarti menyengaja atau menuju dan mengunjungi. Sedangkan Menurut etimologi bahasa Arab, kata haji memiliki arti qashd, yakni tujuan, maksud, dan menyengaja. 

Perbedaan Haji Ifrad, Qiran Dan Tamattu


Menurut istilah syara', haji ialah menuju ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan amalan-amalan ibadah tertentu pula. Dalam Hal ini Setiap jamaah bebas untuk memilih jenis ibadah haji yang ingin dilaksanakannya. Dimana jenis-jenis haji tersebut adalah Haji Ifrad, Qiran Dan Tamattu. Nah muncul pertanyaan Apa perbedaan haji ifrad, qiran, dan tamattu’? sedangkan Bagi penduduk Mekkah jenis haji apa yang harus dikerjakan?.

  1. Haji ifrad: seseorang hanya berniat haji saja ketika memulai ihram di miqat, atau dari tempat tinggalnya jika dia tinggal di dalam batas miqat.
  2. Haji qiran: seseorang meniatkan umrah dan haji secara bersamaan ketika memulai ihram.
  3. Haji tamattu’: seseorang hanya berniat umrah saja ketika memulai ihram dari miqat. Ketika masuk hari Tarwiyah ia niat lagi untuk melaksanakan haji.

Diwajibkan bagi haji qiran dan haji tamattu’ menyembelih hadyu, sedangkan haji ifrad tidak diwajibkan menyembelih hadyu.

Sama seperti penduduk lainnya, penduduk Mekkah boleh memilih salah satu dari jenis haji: ifrad, qiran, tamattu’. Ihram ifrad dan qiran dari rumahnya dan ihram tamattu’ dari tanah halal karena ia melaksanakan umrah terlebih dahulu. Dan perlu diketahui bahwa penduduk Mekkah yang haji qiran dan tamattu’ tidak wajib menyembelih hadyu.

Dikutip dari berbagai sumber

Post a Comment for "Perbedaan Haji Ifrad, Qiran Dan Tamattu"