Amalan Sunnah Bulan Dzulhijjah Yang Perlu anda kerjakan

Amalan Sunnah Bulan Dzulhijjah Yang Perlu anda kerjakan. Sesungguhnya mendapati sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah adalah nikmat yang besar dari nikmat-nikmat Allah manis dan nikmatnya hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang shalih dan bersungguh-sungguh pada hari-hari tersebut. Maka sudah menjadi kemestian bagi seorang muslim untuk menyingsingkan baju dan menambah kesungguhanya dalam menjalankan ketaatan pada bulan ini.
Berikut ini amalan-amalan sunnah yang dianjurkan pada bulan Dzulhijjah:

Puasa

Disunnahkan bagi setiap muslim untuk puasa sembilan hari pertama pada bulan Dzulhijjah, sebab puasa termasuk amalan solih yang dianjurkan pada bulan ini.

Takbir

Termasuk amalan shalih pada bulan Dzulhijjah adalah memperbanyak takbir, tahlil, tasbih, istigfar dan doa. Dzikir sangat dianjurkan pada seluruh waktu dan setiap keadaan, kecuali keadaan yang dilarang. Allah Berfirman yang artinya.
Ingatlah Allah diwaktu berdiri, diwaktu duduk dan diwaktu berbaring (QS.an-Nisaa: 103).

Haji

Bagi yang Allah karunia kecukupan reski maka hendaklah dia menunaikan ibadah haji, sebab haji merupakan kewajiban dan rukun islam, Rasulullah SAW bersabda yang artinya.
Umrah ke umrah adalah penghapus dosa diantara keduanya. Dan haji mabrur tidak ada balasan baginya kecuali surga. (HR. Bukhari: 1683, Muslim: 1349).

Memperbanyak amalan shalih

Termasuk hikmah Allah dia menjadikan media beramal tidak hanya pada satu amalan saja. Bagi yang tidak mampu haji, jangan bersedih, karena disana masih banyak amalan salih yang pahalanya tetap ranum dan siap dipetik. Seperti shalat sunnah, dzikir, sadaqoh, berbakti pada orang tua, amar ma’ruf nahi mungkar, menyambung tali persaudaraan dan berbagai macam amalan lainnya.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya
Barangsiapa yang shalat subuh berjama’ah kemudian duduk berdzikir hingga terbit matahari, setelah itu dia shalat dua rakaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah. Rasulullah berkata : “Sempurna.. sempurna.. sempurna”.

Berkurban

Berkurban termasuk ibadah yang disyariatkan oleh  Allah SWT berdasarkan nash Al-Quran Hadits, dan kesepakatan Ulama Allah Berfirman yang artinya :
Maka Dirikanlah shalat Karena Rabbmu; dan berkorbanlah. (QS.al-Kautsar: 2).
Allah memerintahkan Nabinya untuk menggabungkan dua ibadah yang agung ini; yaitu shalat dan kurban. Keduanya termasuk ketaatan yang paling agung dan mulia. Tidak ragu lagi, shalat ied masuk dalam kandungan ayat Dirikanlah shalat Karena Rabbmu dan kurban masuk dalam kandungan ayat berkorbanlah.
Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:
Barangsiapa yang menyembelih setelah shalat sungguh telah sempurna penyembelihannya, dia telah mencocoki sunnah kaum muslimin. (HR.Bukhari: 5560, Muslim:1961).

Taubat

Taubat adalah kembali kepada  Allah SWT dari perkara yang Dia benci secara lahir dan batin menuju kepada perkara yang Dia senangi. Menyesali atas dosa yang telah lalu, meninggalkan seketika itu juga dan bertekad untuk tidak mengulanginya kembali.
Maka kewajiban bagi seorang muslim apabila terjatuh dalam dosa dan maksiat untuk segera bertaubat, tidak menunda-nundanya, karena dia tidak tahu kapan kematian akan menjemput.
Sumber
Ensiklopedi Amalan Bulan Dzulhijjah

Post a Comment for "Amalan Sunnah Bulan Dzulhijjah Yang Perlu anda kerjakan"