Ada Apa Di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Ada Apa Di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah. Di antara bulan-bulan yang penuh dengan keistimewaan adalah bulan Dzulhijjah, lebih khusus lagi sepuluh hari pertama dan hari tasyriqnya. 

Diantara bulan yang Allah SWT telah beri banyak keutamaan adalah bulan Dzulhijjah. Allah SWT berfirman:
Demi fajr. Dan malam yang sepuluh. (QS.al-Fajr: 1-2).

Imam Ibnu Rajab berkata:
“Malam-malam yang sepuluh adalah sepuluh hari Dzulhijjah.

Inilah penafsiran yang benar dari mayoritas ahli tafsir dari kalangan salaf dan selain mereka. Dan penafsiran ini telah sahih pula dari Ibnu Abba.

Rasulullah SAW bersabda:
Tiada hari-hari yang amalan shalih di dalamnya lebih dicintai oleh Allah SWT daripada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Para sahabat bertanya: Tidak pula jihad di jalan Allah Rasulullah SAW menjawab: Tidak juga jihad di jalan Allah Kecuali seorang yang keluar dengan membawa jiwa dan hartanya dan dia tidak kembali setelah itu (mati syahid).

Dalam riwayat yang lain nabi Muhammad SAW bersabda:
Tidak ada amalan yang lebih suci disisi Allah SWT dan tidak ada yang lebih besar pahalanya daripada kebaikan yang dia kerjakan pada sepuluh hari al-adha.

Ibnu Rojab mengatakan:
“Hadits ini menunjukkan bahwa beramal pada sepuluh hari bulan Dzulhijjah lebih dicintai disisi Allah SWT daripada beramal pada hari-hari yang lain tanpa pengecualian. Apabila beramal pada hari-hari itu lebih dicintai oleh Allah SWT, maka hal itu lebih utama disisiNya”

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata:
“Yang jelas, bahwa sebab keistimewaan sepuluh hari bulan Dzulhijjah, karena pada bulan ini terkumpul ibadah - ibadah inti, seperti shalat, puasa, shadaqoh, haji, yang mana hal itu tidak didapati pada bulan yang lainnya”.

Sumber Referensi
Ensiklopedi Amalan Bulan Dzulhijjah

Post a Comment for "Ada Apa Di 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah"