Lakukan Tips ini untuk Mengontrol Emosi

Lakukan Tips ini untuk Mengontrol Emosi. Salah satu senjata setan untuk membinasakan manusia adalah marah, sebab dengan cara ini, setan dapat dengan mudah mengendalikan manusia. Sebab dengan marah orang dapat dengan mudah mengucapkan kalimat kekafiran, menggugat takdir Allah, berkata yang jorok, mencaci habis-habisan, bahkan sampai mengucapkan kalimat cerai yang membubarkan rumah tangga.

Agar kita tidak terjerumus kedalam dosa yang lebih besar, ada beberapa cara mengendalikan emosi yang diajarkan dalam Al-Qura’an Dan Sunnah.

Lakukan Tips ini untuk Mengontrol Emosi


Membaca Ta’awudz

A’udzu billahi minas syaithanir rajim
“Aku berlindung kepada Allah dari godaan Syaitan Yang Terkutuk”

Sebab Sumber marah adalah setan, sehingga godaannya dapat diredam dengan memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Apabila seseorang marah kemudian membaca A’udzu billahi minas syaithanir rajim maka marahnya akan reda.” (HR. Silsilah As-Shahihah)

Diam Dan Jagalah Lisan

Bawaan Orang marah adalah berbicara tanpa aturan. Sehingga bisa jadi dia bicara sesuatu yang mengundang murka Allah. Oleh karena itulah diam merupakan cara mujarab untuk menghindari timbulnya dosa yang lebih besar. Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Jika Kalian Marah, Diamlah.” (HR. Ahmad)

Mengambil Posisi Lebih Rendah

Kecendrungan orang marah adalah ingin selalu lebih tinggi dan lebih tinggi. Semakin dituruti, dia semakin ingin lebih tinggi. Dengan posisi lebih tinggi, dia bisa melampiaskan amarahnya sepuasnya.

Oleh karena itu Rasulullah SAW memberikan saran untuk meredam amarah. Rasulullah SAW menasehatkan,
“Apabila Seseorang Marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya dapat hilang. Apabila belum juga hilang, hendaknya dia mengambil posisi tidur.” (HR. Ahmad)

Ingatlah Hadits ini Ketika marah

Dari Muadz Bin Anas Al-Juhani Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Siapa yang berusaha menahan amarahnya, padahal dia mampu meluapkannya, maka Allah Akan memanggilnya dihadapan seluruh makhluk pada hari kiamat, Sampai Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia kehendaki.” (HR. Abu Daud)
Dalam Hadits yang lain Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Siapa Yang menahan emosinya maka Allah akan tutupi kekurangannya. Siapa yang menahan amarahnya, padahal jika dia mau dia mampu melampiaskannya, maka Allah akan penuhi hatinya dengan keridhaan pada hari kiamat.” (HR. Ibnu Abi Dunya Dalam Qadha)Al-Hawaij)

Segera Berwudhu atau Mandi

Marah Dari setan dan setan terbuat dari api. Padamkan dengan air yang dingin. Dalam sebuah hadits dari urwah As-Sa’id disebutkan,
“sesungguhnya Marah itu berasal dari setan, dan setan diciptakan dari api, dan api bisa dipadamkan dengan air. Apabila kalian marah hendaknya dia berwudhu.” (HR. Ahmad)
Sumber
Konsultasisyariah.com

Post a Comment for "Lakukan Tips ini untuk Mengontrol Emosi"